PERKULIAHAN

Kamis, 15 November 2012

ANGIOSPERAME


1.1. Gambar bagian-bagian Bunga Lengkap

Pada Angiospermae, bunga merupakan alat reprosuksi seksual. suatu bunga lengkap memiliki bagian yang steril yakni daun kelopak (kaliks / sepal) dan Mahkota (korola / petal ) serta bagian fertil yakni Benang Sari (stamen), daun buah (karpela) dan Putik (pistil).


Benang sari terdiri atas Kepala Sari (antera) dan tangkai sari (filament.)  Pada Antera terdapat mikrosporangia yang merupakan tempat perkembangan gametofit jantan dan tempat menghasilkan mikrospora atau pollen. 
1.2. Gambar Bagian-bagian Anter

Suatu anter memiliki jumlah mikrosporangia bervariasi dari 2 - 8, namun umumnya memiliki 4 mikrosporangia. Suatu anther yang memiliki  4 mikrosporangia (lokuli), pada saat antera tersebut masak maka 2 lokuli dari masing-masing sisi akan menyatukan diri membentuk teka sehingga antera memiliki 2 teka. Suatu anter terdiri dari 2 teka (ruang sari). Setiap teka memiliki 2 ruang lokuli. Lokuli berisi mikrospora disebut sporangium. Saat matang, 2 lokuli 
1.3. Bagian-bagian Anter





GAMETOGENESIS

Ganetogonesis pada tumbuhan berbunga dibedakan menjadi dua yaitu Mikrosporogenesis dan Megasporogenesis. 
  
Sebelum kita membahas tentang Mikrosporogenesis kita akan membahas terlebih dahulu tentang Mikrosporongium dan Makrosporangium

Mikrosporongium merupakan tempat terjadinya atau tempat terbentuknya Mikrospora (polen / serbuk sari). Mikrosporongium di sebut juga sebaga kantong spora. Pada kebanyakan Angiospermae, stamen (benang sari) tersusun atas anthera (kepala sari) yang mengandung mikrosporangium (tempat dihasilkan pollen)  serta filament (tangkai sari). Anthera Merupakan tempat berkembangnya gamet jantan. 


Mikrosporogenesis adalah proses perkembangan  sel induk mikrospora menjadi mikrospora (polen). Mikrosaporogenesis berlangsung di dalam Mikrosporongium.  





Tidak ada komentar: